.marquee0 a, .marquee0 a:visited{ color:#002C54; padding:0 0 0 13px; margin:0 5px; } .marquee0 a:hover{ color:#ee0000; } .marquee1 img{ width:187px; height:180px; } http://4.bp.blogspot.com/-A7M9Y087VyU/TOEGx2SguCI/AAAAAAAABGw/gTzKReIhj_0/s1600/str4.gif

Selasa, 24 Juli 2012

K.H. Haidar Muhaiminan Gunardho


                                                    
Perguruan Islam Pondok Tremas telah menelurkan Ribuan Alumninya dan telah tersebar di penjuru nusantara,dari sekian banyak alumni yang telah berada di tengah masyarakat diantaranya ada yang menjadi Kyai pemangku pesantren, pejabat tinggi,intelektual,wirausahawan dan tokoh- tokoh yang lain yang tengah berjuang dimasyarakat.
Salah satu alumni Pondok Tremas yang saat ini fokus pada pembinaan umat,yakni KH.Haidar Muhaiminan Gunardo ,Pengasuh Pesantren Kyai Parak bambu Runcing Parakan,Temanggung jawa Tengah.
Wartawan  pondoktremas.com berhasil mewawancarai beliau di kediamanya baru baru ini, berikut profil tentang KH.Haidar Muhaiminan yang sekaligus sebagai Mursyid Toriqoh Mu’tabaroh Asyadziliyah dauroh Jawa Tengah ini.
K.H. Haidar Muhaiminan Gunardho adalah Putra dari Ulama’ Kharismatik Jawa Tengah yakni Mbah Minan ( KH.Muhaiminan gunardho ) beliau putra ketiga dari enam bersaudara ,KH.Haidar memiliki latar belakang agama yang sangat kental. Dua belas tahun waktunya dihabiskan di Pondok Pesantren.
Santri Nakal
Beliau Nyantri Di Pondok Tremas dibawah asuhan KH.Habib dimyathi dan KH.Harist Dimyathi.

Di Pondok Tremas ini beliau bertempat tinggal di asrama garuda ( saat ini asrama Al Ghozali ),Selama nyantri di Pondok Tremas, “Saya termasuk santri yang paling sering ditimbali dan didoakan oleh para kiai Tremas, karena waktu itu saya termasuk santri sangat nakal,” kenang Kyai Chaidar.
Namun kenakalannya tentu tak sama dengan anak-anak remaja zaman sekarang, yang sampai melakukan hal yang sangat negatif. beliau memiliki batasan-batasan atas kenakalan yang dilakukannya. Bahkan, selama nyantri di Tremas beliau tergolong santri yang cukup pintar dalam memahami pelajaran.
‘Hobi saya sejak kecil,sudah memegang mini-cross. Kemudian  saya beralih ke motocross 250 cc.di Tremas pun saya sering Nyopir mobile Kyai habib,sering saya bawa ke melati dengan teman teman.”kenag beliau.
“Saya sering keluar Pondok tanpa izin alias kabur”tambah beliau dengan nada bercanda.
Menurut beliau,selama nyantri di Pondok Tremas.beliau mendapatkan banyak hal yang belum pernah di jumpainya di tempat lain.apalagi oleh Kyai Habib,Beliau sering dipanggil ke Ndalem karena Ulah nakalnya.
Kepada Reporter pondoktremas.com,Beliau sempat Bercerita panjang lebar dan bernostralgia mengingat –ingat masa mudanya selama nyantri di Pondok Tremas.
“Bagi saya,Tremas adalah rumah kedua saya,Kyai habib,Kyai harist,kyai hasyim beliau semua adalah ayah –ayah saya”.ungkap beliau.
KH.Haidar nyantri di Tremas selama kurang Lebih 6 tahun,Setamat dari Tremas, kyai Chaidar melanjutkan nyantrinya di Pondok Lirboyo Kediri selama 6 tahun pula.pada tahun 1997 beliau menikahi Nyai Durrotus Sa’adah asal Cirebon jawa barat.
Keinginanya untuk kembali sowan ke Tremas sebetulnya sudah sejak lama,akan tetapi kesibukan beliau yang begitu padat hingga keinginan tersebut masih belum terlaksana.
Menjadi Mursyid Toriqoh
Kesibukan Beliau saat ini selain sebagai Pengasuh Pesantren,sekaligus Sebagai Mursyid Thoriqoh Syadziliah yang memiliki wewenang untuk membai’at jamaahnya. Abah beliau,KH.Muhaiminan yang mewariskannya sesaat sebelum wafat pada tahun 2007 silam.
Beliau dulu adalah santri yanh paling nakal ,akan tetapi sekarang Jamaah Thoriqotnya berjumlah ribuan dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia Khususnya jawa tengah.
KH.Habib Dimyathi pernah berpesan kepada Kyai haidar yang sampai saat ini masih selalu diingat oleh beliau,”Ketika pulang dari pondok,janganlah kamu langsung terjun ke masyarakat dulu.tunggu 1 atau 2 tahun lagi karena kamu belum tahu masyarakat yang akan kamu pimpin seperti apa”.demikian Ngendikane KH.Habib Dimyathi.
K.H. Haidar Muhaiminan Gunardho

5 komentar:

  1. Ass. Mohon dapat diberi tahu, mujadahan Kh Khaidar Muhaiminan di Parakan hari apa nggih, Suwun. Wass

    BalasHapus
  2. Nyuwun nomer hp pak nyai .Suwun

    BalasHapus
  3. Untuk baiatan apa ada hari khusus apa bebas setiap harib

    BalasHapus